Sifat Dapat Dimengerti

Apa yang dapat Anda mengerti dari tulisan saya ? Jika tulisan saya dapat anda mengerti, berarti tulisan tersebut memiliki sifat dapat dimengerti. Tetapi dalam pembahasan berikut, pembahasan tentang "Sifat dapat dimengerti" di sini spesifiki kepada suatu situasi dan kondisi yang terjadi di dalam proses memperhatikan itu sendiri. 


Ini berhubungan dengan pemahaman yang muncul karena di situ ada usaha [Menolong Yang Lain Berkembang]. Jika kita sudah memiliki niat dan kesungguhan untuk menolong yang lain berkembang, maka di situ muncul fenomena-fenomena tentang apa yang relevant bagi kemajuan perkembangan yang lain itu. Pengetahuan tersebut tidak selalu mudah untuk dijabarkan, sulit untuk dikatakan, tapi sifatnya dapat dimengerti dengan jelas. 


Sebagaimana ketika Anda ketika membantu menolong anak Anda belajar bermain sepeda. Anda tahu hal-hal apa saja yang bisa membuatnya berkembang dan kemudian menjadi mahir bermain sepeda. Namun tidak semua proses pengajaran itu bisa dengan mudah dilukiskan dengan kata-kata. Sehingga anak Anda tidak hanya belajar dari apa yang anda katakan saja, tapi dari segenap perilaku Anda yang sebagiannya tidak terlukiskan kata-kata. Tapi Anda maupun anak Anda, dapat mengerti semua itu dengan baik. 


Kutipan :{1}

---------------------

Sifat dapat dimengerti (integibilitas) merembes masuk ke dalam seluruh hidup pada saat saya menghayati [Makna Hidup]. Namun sifat dapat dimengeri itu bukan dalam kerangka suatu penjelasan ilmiah atau kemampuan meramalkan dan mengontrol yang membuat fenomen-fenomen dapat dimengerti. Sifat itu juga tidak dimaksudkan sebagai rasa terbiasa (telah mengenal) dengan sesuatu yang ada di hadapan kita. 


Sifat dapat dimengerti berarti memahami apa yang relevan dalam hidup saya, untuk apa saya hidup, siapakah saya dan bagaimanakah saya dalam hidup sehari-hari. 

============




Sumber Kutipan : 

---------------

1. [SMT], hal. 86


Definisi Sumber Kutipan : 

---------------

1. SMT

Judul Buku : Seni Memperhatikann

Karya : Milton Mayeroff

Penerjemah : Drs. Agus Cremers dan Drs. Frans Ceunfin

Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Logo Media Logika

Implikasi Bertingkat

Parsing Filsafat