Keutamaan Proses

 

1. Keutamaan Proses

2. Memperhatikan

3. Kegiatan Memperhatikan

===============================

1. Keutamaan Proses

-------------------------------

Kutipan : {1}

-------------------- 

Dalam [Memperhatikan], proses lebih utama daripada produk, karena hanya pada saat sekarang inilah saya dapat menaruh perhatian pada yang lain. 


Misalnya selalu adalah bagaimana menangggapi orang ini atau ide ini sekarang ini dan di sini. Dapat dikatakan bahwa kita senantiasa harus bekerja dengan apa yang kita miliki dan mulai ari mana kita berada. Kontrol hanya mungkin pada saat sekarang ini. 


Sikap umum yang tidak sabar dengan proses dan keinginan untuk meniadakan proses sangat jelas memperlihatkan ketidaktahuan tentang apa sesungguhnya perkembangan itu. 


Dalam [Kegiatan Memperhatikan], saat sekarang ini tidak diputuskan dari hubungannya-hubungannya yang vital dengan masa lampau dan masa depan. Saat sekarang memuat segala arti dan pemahaman dari masa lampau dan diperkaya dengan antisipasi ke masa depan, seperti misalnya janji akan perkembangan baru. Tetapi pada waktu yang sama di mana masa lampau dan masa depan itu membuat kita lebih peka terhadap kesempatan-kesempatan untuk berkembang pada saat sekarang, perhatian dan kebutuhan saat sekarang membantu menentukan arti dan pemamahan tertentu dari masa lampau yang relevan untuk saat sekarang ini, dan kemungkinan-kemungkinan mana yang dapat menjadi nyata dan  penting bagi saat sekarang ini. 

=================


2. Memperhatikan

-------------------------------

Kutipan : {2}

---------------

Dalam arti yang paling tepat, memperhatikan seorang pribadi lain adalah menolong dia berkembang dan mewujudkan dirinya sendiri. Ingat misalnya seorang ayah memperhatikan anaknya. Ia menghormati anak itu sebagai pribadi yang mandiri dan mempunyai haknya sendiri yang berusaha berkembang. Sang ayah merasa dibutuhkan dan berusaha menolong anak itu berkembang dengan memenuhi kebutuhan anak itu untuk berkembang.


Usaha memperhatikan merupakan antitesis terhadap tindakan yang cuma pribadi lain untuk memuaskan kebutuhan-kebutuhannya sendiri. Hendaknya arti memperhatikan tidak dikacaukan dengan hal-hal ingin agar orang selamat, suka, menyenangkan, dan mempertahankan sesuatu atau sekedar menaruh minat terhadap apa yang terjadi pada orang lain.


Memperhatikan juga bukan suatu perasaan yang tersendiri atau suatu hubungan sesaat. Dan juga bukan sekedar keinginan untuk memperhatikan pribadi tertentu.


Memperhatikan dalam arti menolong pribadi lain berkembang dan mewujudkan diri merupakan suatu proses, suatu cara menjalin relasi dengan seseorang yang mengandaikan perkembangan, sama halnya dengan persahabatan yang hanya dapat terbentuk dalam waktu berkat kepercayaan timbal balik dan melalui transformasi kualitatif sebuah relasi yang semakin mendalam.

==================


3. Kegiatan Memperhatikan

-------------------------------

Kata [Memperhatikan] merupakan kata kerja,sehingga dapat disebut "Kegiatan Memperhatikan". 


Kata kerja apapun dapat diawali dengan kata "Kegiatan". Contohnya kata kerja "berjalan" dapat disebut "kegiatan berjalan". Sebenarnya tanpa menggunakan kata "kegiatan", setiap kata kerja sudah memuat arti "kegiatan".  Jadi kata "memperhatikan" sudah memuat makna "kegiatan memperhatikan". 


Sumber Kutipan : 

------------------------

1. [SMT], hal. 52

2. [SMT], hal 27


Definisi Sumber Kutipan : 

---------------

1. SMT

Judul Buku : Seni Memperhatikann

Karya : Milton Mayerof

Penerjemah : Drs. Agus Cremers dan Drs. Frans Ceunfin

Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Logo Media Logika

Implikasi Bertingkat

Parsing Filsafat