Tidak Ada Apapun

Edisi : 26 April 2020, 20:35:09

Salah seorang murid saya bernama Hisam pernah bertanya, "Kang,.. saya sudah berlatih meditasi bertahun-tahun, tapi saya tidak pernah menemukan apapun dalam meditasi itu. Kenapa ya Kang ?"

Saya jawab, "Jika kamu tidak menemukan apapun, itu berarti tujuan meditasi kamu itu sudah tercapai."

"Lho.. kenapa begitu Kang ? Sementara teman-teman saya yang lain, dapat menemukan hal-hal yang menakjubkan di dalam meditasi mereka." kata Hisam lagi.

Saya jawab, "Menemukan hal-hal yang menakjubkan bukanlah tujuan dari meditasi yang sebenarnya. Tapi tidak menemukan apapun, itulah tujuan meditasi yang sebenarnya."

"Saya belum mengerti, Kang. Jika tidak untuk menemukan apapun, lalu untuk apa kita bermeditasi ?" tanya Hisam.

Saya menjelaskan, "Karena kita bermeditasi tidak untuk memperoleh apapun, tapi untuk menghilangkan apapun yang patut dihilangkan dari diri kita."

"Apa itu ?"

"Kegelisahan, keserakahan, kemalasan, kebimbangan dan kebencian. Apakah kamu tidak menemukan kegelisahan apapun dalam meditasi kamu ?" tanya saya.

"Sering. kang."

"Lalu .. mengapa kamu katakan tidak menemukan apapun dalam meditasi kamu ?" tanya saya.

"Soalnya kegelisahan itu hal yang lumrah dirasakan oleh orang-orang seusia saya, Kang, tidak perlu dicari lagi. kalau ada kegelisahan, jadi saya pikirnya gak ada apa-apa ditemukan.." kata Hisam.

"Jadi, karena kegelisahan itu ditemukan dalam hidup sehari-harimu, maka kamu anggap tidak menemukan apapun dalam meditasi, walaupun dalam meditasi itu kamu menemukan kegelisahan ?"

"Iya.. "

Saya menjelaskan,"Itulah cara pandang yang salah. Jika kegelisahan itu di dalam hatimu, ketika kamu bermeditasi, kamu harus sadar bahwa kegelisahan itu ditemukan. Dengan begitu kamu sadar bahwa meditasimu belum cukup mendapatkan kemajuan. Ketika kamu sudah tidak menemukan kegelisahan itu di dalam proses meditasi kamu, berarti kamu telah mendapatkan kemajuan. Selain kegelisahan, jika kamu juga tidak menemukan kemalasan, keserakahan, kembimbangan, kebencian dan tak ada apapun lagi yang dapat kamu temukan dalam meditasi itu, maka disitulah kamu mencapai tingkat yang paling sempurna dalam praktik meditasi."

Komentar

  1. Cara mengawali meditasi yang benar bagaimana Kang ? saya jadi tertarik untuk belajar meditasi

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Logo Media Logika

Implikasi Bertingkat

Parsing Filsafat