Logo Media Logika

 


Ini adalah logo Forum Media Logika, dengan pengertian simbol-simbolnya sebagai berikut :
1. Bentuk Segitiga menunjukan filosofi piramida logika. Piramina logika ini adalah susun pikiran yang lebih dari satu susun. Di dalam proses berpikir, setiap susun pikiran kecil hanya terdiri dari tiga proposisi, di mana salah satunya adalah kesimpulan. Kesimpulan dapat menjadi premis bagi kesimpulan lainnya, sehingga terbentukan sebuah susun pikiran yang besar yang disebut  piramida logika. 
2. Segitiga besar menunjukan struktur bangungan filsafat yang juga berarti piramida logika yang tidak hanya dibentuk oleh satu segitiga, tapi oleh banyak segitiga. 
3. Segitiga kecil menunjukan muqadimah-mudaqimah logic, material syllogisme atau premis-premis  yang menjadi dasar terbentuknya piramida besar. 
4. Segitiga kecil yang berada di tengah dan berlawanan dengan segitiga besar, menunjukan System Logika Terbalik atau Strategi Pembalikan Logika di dalam system validasi argument. 
5. Bentuk sisi segita yang ujungnya meruncing itu dipersepsikan bentuk daun pad, sebagai simbol kemakmuran, menggambarkan bahwa ada korelasinya antara kemakmuran negeri dengan kecerdasan bangsa. 
6. Warna abu-abu yang mendominasi gambar logo adalah sebagai simb0l dari ketentraman yang yang menstimulasi kecerdasan. Gradasinya dimaknai sebagai hal-hal yang misterius. 
7. Lingkaran di tengah segitiga dimaknai sebagai hati, batin, jiwa atau menatal. Hal ini menunjukan bahwa para logicer juga manusia, mereka tidak hanya memiliki otak dan pikiran yang bisa berpikir logis, tapi juga memiliki hati yang bisa merasa. Oleh karena itu mesti memperhatikan nilai-nilai etika dan estetika. 
8. Titik hitam di tengah lingkarang merupakan simbol dari mata batin. Bahwa dalam berfilsafat, semestinya kita tidak hanya membaca buku-buku sebagai sumber ilmu pengetahuan, tapi juga kita mesti membaca alam semesta dan apa yang ada di dalam diri sendiri dengan mata batin. 


Forum yaitu forum yang memiliki Visi "Terciptanya bangsa yang cerdas dengan Logika".  Forum berdiri pada Tanggal 12 Februari 2012. Ini adalah wadah bagi orang-orang untuk saling membantu memotivasi belajar ilmu logika. Sarana-sarana yang disediakan terdiri dari :

1. Website medialogika.org
2. Grup diskusi di telegram @LogikaFislafat
3. Kursus Logika yang materinya disampaikan  via Vidoe Call Whatsapp
4. Kegiatan belajar mengajar (KBM) melalui google Classroom

Website medialogika.org telah ditutup pada tahun 2018 karena persoalan teknis. KBM visa google Classroom dihentikan sementara waktu. Kajian-kajian materi logika masih aktif disampaikan di kelas-kelas logika via Whatsapp dan diskusi-diskusi seputar logika filsafat masih aktif di grup telegram @logikafilsafat. 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Implikasi Bertingkat

Parsing Filsafat