Pikiran

parent nodes: Ruhani

Pikiran

Apakah pikiran itu ?

Pikiran adalah dzat yang berpikir. Pikiran adalah faktor batin yang menggerakan kesadaran antar persepsi. Catatan itu sendiri berarti bergeraknya persepsi dari khusus ke umum, dari umum ke khusus, dari khusus ke khusus dan dari umum ke umum.

Apa yang berpikir dalam diri Anda, otak atau pikiran ? pikiran. Sedangkan otak adalah tempat menyimpan ingatan. Otak hanyalah faktor fisik. Ia seperti hardisk dalam komputer. Tanpa faktor batin, ia menjadi barang tidak berguna. Faktor batin itulah yang membentuk adanya pikiran. Ketika seseorang mati, tubuh dan otaknya membusuk di dalam tanah, tetapi pikirannya pergi bersama ruh.

Pikiran adalah pelopor dunia. Pikiran adalah pemimpin dunia. Semua makhluk harus takluk dengan kemauan pikiran.{1} Segala peradaban megah umat manusia dan kemajuan teknologi di dunia ini berawal dari pikiran. Selain itu, kerusakan yang tampak di daratan maupun di lautan, itu juga berawal dari pikiran manusia.

Sang Buddha berkata, “Tidak ada yang lebih sulit untuk dikendalikan di dunia ini selain pikiran. Tetapi tidak ada yang begitu penting untuk dilatih dan dikendalikan, kecuali pikiran.” lalu siapa yang mengendalikan pikiran ? yaitu kebijaksanaan. jadi, semua pikiran harus tunduk pada kebijaksanaan.

Ketika pikiran belum berkembang, pikiran ini sulit dikendalikan, membawa pada banyak kerugian dan penderitaan. Ketika ia berkembang, pikiran ini mudah dikendalikan, membawa pada banyak manfaat dan kebahagiaan. Dan pikiran sangat cepat berubah{2}.

Sumber Kutipan :
  1. ABHIDHAMMA SEHARI-HARI, HAL. 11
  2. Lihat dalam Petikan Angutara Nikaya Jilid. I. Hal. 68, yang diterbitkan oleh Wisma Meditasi Klaten

    Selanjutnya :
    Kemampuan Pikiran
    Unsur Pikiran

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Logo Media Logika

Implikasi Bertingkat

Parsing Filsafat