Logic Blood Knight

Edisi : 10 Oktober 2017, 07:35:59

Tujuan : Menularkan Semangat Belajar Logika
================

Sejak tahun 2012 lalu, saya berupaya untuk mempromosikan ilmu logika. Karena pada zaman sekarang ini, ilmu logika sangat sepi peminat nya, padahal saya meyakini bahwa ilmu ini sangat berguna bagi kemajuan peradaban umat manusia.

Semua ilmu pengetahuan juga berharga dan bermanfaat untuk dimiliki oleh umat manusia. Matematika, fisika, ilmu politik dan sebagainya, semua itu berguna. Dan masing-masing disiplin ilmu memiliki keunggulan dan kelemahan nya. Demikian pula ilmu logika.

Minat masing-masing orang terhadap ilmu pengetahuan tidak lah sama. Karena saya sadar, bahwa jika saya menaruh minat yang besar terhadap bidang ilmu logika, tidak berarti semua orang harus memiliki minat yang sama dengan saya. Giatnya saya dalam mempromosikan ilmu logika bukan berarti saya ingin, semua orang memiliki minat yang sama dengan saya, melainkan untuk mencari dan mengetahui adakah dan siapakah orang yang sepemikiran, yang memiliki minat yang sama dengan saya terhadap ilmu logika. Karena itu, saya membentuk Forum "Komunitas Para Pemikir" sebagai wadah bagi mereka yang memiliki minat yang sama dengan saya.

Setelah 5 tahun berlalu, saya mengakui, bahwa visi forum gagal tercapai. Walaupun gagal, tidak berarti tidak berguna. Karena banyak orang yang dapat mengambil manfaat dari apa yang saya promosikan. Lagi pula, saya tidak masalah dengan kegagalan. Bahkan saya orang yang bersahabat dengan kegagalan. Selama saya yakin bahwa apa yang saya usahakan adalah kebaikan, kegagalan bukanlah suatu keburukan.

Semangat saya tidak padam, tidak pula patah, walaupun telah gagal. Saya masih terus berusaha mempromosikan ilmu logika dengan berbagai cara. Gagal dengan cara yang ini, saya lakukan dengan cara lain. Saya telah berupaya keras memupuk minat orang terhadap ilmu logika.

Mengajar kan ilmu logika tidaklah mudah. Tapi yang lebih sulit dari itu adalah memupuk minat. Kalo orang sudah berminat, maka 70 % hambatan belajar telah tersingkir kan.

Seseorang menyebut bawa saya ini adalah Logic Blood Knight, katanya itu berarti "yang melakukan segalanya" untuk sesuatu yang berbau Logic. Saya tidak tahu, apakah itu semacam pujian atau ejekan, tetapi saya tak keberatan disebut demikian. Dan saya mengakui bahwa memang saya seperti itu. Bagi saya, itulah makna semangat. Saya tetap bersemangat untuk terus berjuang, seandainya semua orang tidak menghargai perjuangan saya. Saya terus bekerja, seandainya semua orang menertawakan pekerjaan saya. Semangat saya tidak bisa patah, walaupun seandai semua orang yang dulu mendukung saya, kini menghentikan dukungan terhadap saya. Karena semangat saya adalah hidup saya. Saya tak dapat hidup tanpa semangat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Logo Media Logika

Implikasi Bertingkat

Parsing Filsafat