Tujuh Kesenangan

 Edisi : 16 Agustus 2020, 18:54:12

Tujuan : Mengenal Tujuh Bentuk Kesenangan

================== 

Terdapat tujuh bentuk kesenangan, yaitu : 

1)   Kesenangan yang bersal penglihatan

2)   Kesenangan yang bersal pendengaran

3)   Kesenagan yang bersal dari pengecapan, cita rasa makanan

4)   Kesenangan yang berasal dari penciuman, wewangian

5)   Kesenangan yang bersal dari sentuhan, sentuhan, seksual

6)   Kesenangan yang berasal dari pikiran

7)   Kesenangan yang bersal dari konsentrasi


Lima kesenangan bersal dari panca indera. Dan dua kesenangan sisanya tidak bersifat indrawi.

Kesenangan dari pikiran terdiri dari tiga bentuk : Pertama, kesenangan dari pemikiran. Kedua, dari khayalan. Ketiga, dari Sugesti. 

Kesenangan dari pemikiran itu terbagi kepada tujuh bentuk : Pertama, kesenangan dari mengetahui hal-hal baru. Kedua, dari mengulang pengetahuan lama. Ketiga, dengan menikmati keindahan konsep. Keempat, dengan menganalisa pengetahuan. Kelima, dari egoisme. Keenam, kesenangan dari ditunaikannya kewajiban. ketujuh kesenangan dari sifat-sifat mental yang positif.

Kesenangan dari khayalan terbagi kepada empat bentuk : Pertama kesenangan khayalan tentang kenikmatan panca indra. Kedua khayalan tentang Kekuasaan. Ketiga, khayalan tentang ketenaran. Keempat, khayalan tentang dari harta kekayaan. 

Kesenangan dari Sugesti terdiri dari empat bentuk : Pertama, Sugesti tentang kesehatan dan kekuatan tubuh. Kedua, sugesti kekuatan mengendalikan materi. Ketiga, sugesti mental. Keempat, daya cipta.

Kesenangan non indrawi itu adalah kesenangan dari tanpa berpikir, yaitu kesenangan dari berkembangnya konsentrasi yang terdiri dari tujuh tahapan. Tujuh tahapan konsentrasi akan dijelaskan pada artikel yang lain. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Logo Media Logika

Implikasi Bertingkat

Parsing Filsafat