Middle Term

Edisi : 30 April 2020, 18:30:13

Middle Term adalah Term Tengah, yaitu dua term yang sama diantara dua proposisi yang berbeda.

Contoh :

Setiap orang adalah pemimpin
Setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban.

Middle Term dari kedua proposisi di atas adalah  "Pemimpin". Sedangkan Minor Termnya adalah "Orang" dan Mayor Termnya adalah "yang akan dimintai petanggung-jawaban".

Dari contoh proposisi di atas, dapat ditarik kesimpulan. "Setiap orang akan dimintai pertanggung-jawaban." Itu berarti middle termnya terdisribusi. Tandanyanya terdistribusi, setidaknya salah satu dari dari middle term bersifat meniap.

Contoh Middle Term yang tidak terdistribusi :

Panjul adalah rakyat
Beju juga rakyat

Dari kedua proposisi di atas, tidak dapat disimpulkan "Panjul adalah Bejo" karena middle termnya tidak terdistribusi, yaitu tidak satupun dari term "rakyat" yang bersifat meniap.

Jika dari dua buah proposisi dapat ditarik kesimpulan, itu pasti middle termnya terdistribusi. Tapi jika middle termnya terdistribusi dan jika syarat lainya yang diperlukan tidak terpenuhi, maka tetap tidak dapat ditarik kesimpulan.

Contoh :
Setiap batu bukan kayu
Setiap logam bukan kayu

Middle term dari kedua proposisi tersebut adalah "kayu". Keduanya meniap dan terdistribusi. Namun dari keduanya tidak dapat ditarik sebuah kesimpulan, karena syarat lainnya tidak terpenuhi, yaitu "dua proposisi tidak boleh sama-sama negasi".

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Logo Media Logika

Implikasi Bertingkat

Parsing Filsafat